knOwLedge is so Important

tHis is r3gina blog, which discuss about something like knowledge and much more…

Awas, Ponsel Perbesar Risiko Kanker Mulut! June 22, 2008

Filed under: Health — r3gina @ 6:26 am
Tags:

Setelah disebut dapat merusak kualitas sperma, dan menyebabkan gangguan tidur, kini satu lagi efek buruk dari ponsel ditemukan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pemakaian ponsel berlebihan dapat memperbesar risiko kanker mulut.

Universitas Tel Aviv di Israel menemukan hasil yang mengejutkan dalam penelitiannya. Mereka melakukan penelitian terhadap 500 orang penderita tumor kelenjar air liur dengan tingkatan stadium rendah sampai tinggi, serta 1.300 orang yang sehat.

Hasil dari penelitian itu adalah, 50 persen orang-orang yang memakai ponsel berjam-jam mempunyai risiko yang besar tertular terjangkit penyakit tumor dan kanker mulut.

Yang lebih mengejutkan dari penelitian itu juga terungkap pengguna ponsel yang tinggal di pedesaan akan mempunyai risiko yang lebih besar terkena kanker mulut dibanding dengan yang di kota. Hal tersebut disebabkan oleh radiasi yang lebih tinggi yang diterima penduduk desa. Radiasi itu semakin besar karena signal ponsel lebih susah didapat di desa, karena terletak jauh dari tiang pemancar.

 

Hati-hati Komputer Sebarkan Virus Disentri! June 8, 2008

Filed under: Health — r3gina @ 3:54 pm
Tags:

Disentri atau juga bisa disebut sebagai flu perut biasanya merupakan penyakit musiman. Penyakit yang disebabkan virus itu biasanya menyerang pada musim dingin atau hujan. Waspadai jika Anda mengalami demam tinggi, perut perih dan diare.

Badan kontrol dan pencegahan penyakit di Amerika Serikat tahun 2007 menyatakan komputer termasuk salah satu penyebar virus flu yang paling tinggi. Terutama di lingkungan sekolah, universitas dan perkantoran. Prosesnya sangat mudah, hanya lewat sentuhan saja.

Virus flu yang bisa hidup selama beberapa hari di udara bebas itu ditularkan lewat keyboard atau mouse yang dipegang oleh penderita flu perut. Jika keyboard dan mouse itu dipakai orang lain, maka besar kemungkinan orang tersebut juga akan terserang penyakit flu perut.

Di sekolah Washington, 79 dari 314 murid dan 24 dari 66 staf menderita flu perut. Penyakit tersebut tertular lewat komputer-komputer sekolah. Angka yang mengkhawatirkan itu membuat pihak sekolah juga kantor mulai membuat peringatan serta pengetahuan mengenai penyakit itu. Mereka juga melakukan kampanye cuci tangan untuk mencegah serta memberhentikan penyebaran penyakit flu perut.

Sudahkan komputer Anda bersih dari virus? Waspada tak ada salahnya!

 

Mau Sehat? Kurangi Makan Telur!!!

Filed under: Health — r3gina @ 3:50 pm
Tags:

Telur bisa menjadi asupan protein dalam tubuh. Tapi menurut penelitian, konsumsi telur berlebih ternyata tidak baik bagi tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi telur kurang dari enam butir per minggu tidak akan menimbulkan efek buruk, namun jika lebih dari itu, akibatnya akan fatal bagi kesehatan.

Dr. Luc Djousse dan Dr. J. Michael Gaziano dari Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School yang dikutip detikhot dari MSNBC, Senin (26/5/2008) menjelaskan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih dari enam butir telur setiap minggu dapat meningkatkan risiko kematiannya hingga 23 persen.

Pada penderita diabetes, risiko kematian itu bertambah hingga dua kali lipat. Namun bagaimanapun para ahli itu juga menjelaskan, pada porsi yang sesuai, konsumsi telur akan sangat berguna bagi tubuh, namun jika berlebihan, penyakitlah yang akan ditimbulkan.

Oleh karena itu, mulailah pola hidup sehat!

 

Fakta Strawberry June 4, 2008

Filed under: Health — r3gina @ 5:17 pm
Tags:

Mengandung vitamin C yang kaya akan serat dan antioksidan.

“Strawberry juga mengandung potasium, si pengatur tekanan darah dan sumber folat yang dapat membantu tubuh Anda memproduksi dan mempertahankan sel baru,” papar Dawn Jackson Blatner, R.D.

Pilih Strawberry warna merah terang, daunnya masih hijau dan daging buah tidak lembek.

Simpan Strawberry dalam kontainer anti lembap yang diberi alas kertas tisu. Letakkan dalam lemari pendingin, bisa bertahan hingga 3 hari.

Coba Berry Lime Ice

Untuk : 4 gelas

2 cangkir irisan strawberry beku yang telah dicuci,

4 jeruk nipis, peras airnya,

2 sdm madu,

2 sdm kelapa parut kering.

Blender strawberry beku yang telah dicuci, perasan air jeruk nipis dan madu hingga lembut. Tuang dalam empat gelas. Beri setiap gelas taburan kelapa kering dan perasan jeruk.

 

 

Bersahabat dengan Lemak Baik

Filed under: Health — r3gina @ 4:42 pm

Tahukah Anda? Tak semua lemak dalam makanan bersifat jahat dan harus kita musuhi.

Ternyata, ada pula jenis lemak yang wajib kita asup agar stamina tubuh bisa selalu terjaga. Lemak apakah itu?

 

Lemak. Bagi banyak orang sangat menakutkan. Karena langsung teringat akan kegemukan dan penyakit. Makanan berlemak pun jadi wajib dihindari. Pendapat itu benar. Namun, tak semua lemak itu jahat. Karena ada lemak yang baik bagi tubuh. Menurut Dr. Diana F. Suganda, M.Kes., konsultan gizi Slim Gourmet, bila Anda ingin memetik manfaat dari lemak yang friendly itu, dituntut sebuah usaha lantaran lemak esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Sebab, tubuh kita tidak mempunyai enzim yang dapat memproduksinya. Lemak baik itu bisa diperoleh dari makanan atau suplemen.

 

Omega, Si Lemak Baik

Asam lemak esensial tersebut, ada yang bersifat jenuh atau disebut saturated fatty acid dan asam lemak esensial tak jenuh atau dikenal juga sebagai unsaturated fatty acid. Lemak tak jenuh ini dibagi lagi menjadi dua, mono unsaturated fatty acid (MUFA) dan asam lemak tak jenuh polyunsaturated fatty acid atau (PUFA).

Lebih jauh, PUFA ini terdiri dari Omega 3 alfa linolenat, dan Omega 6 alfa linolenat. Omega ini tergantung dari susunan kimia yang terikat dengan letak atom tertentu. Contohnya, Omega 3 berarti ikatan rangkapnya pada gugus atom ketiga. Begitu seterusnya. Lalu, bahan makanan apa saja yang kaya dengan Omega 3 atau Omega 6? Lihat paparannya di bawah ini:

 

Wajib Dikonsumsi

Anda bisa mengasup Omega 3 ini dengan menyantap sayuran hijau. Meski jumlahnya tak sebanyak yang dikandung jenis ikan laut dalam seperti tuna, salmon, mackarel dan hering. Sedangkan zat berkhasiat Omega 6 bisa Anda dapatkan dari daging merah, telur yang sudah diperkaya (ternak ayamnya diberi pakan berupa biji-bijian yang mengandung asam lemak tak jenuh tersebut), minyak kelapa serta minyak jagung. Agar bisa memetik manfaatnya, Anda butuh mengonsumsi sejumlah 3000mg/minggu. Dr. Diana dengan satu potong ikan per hari. Jenis ikannya bisa Anda gonta-ganti agar tidak bosan.

 

Kenali Manfaatnya

Omega 3 dan Omega 6 ini ternyata tak hanya berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan janin seperti yang selama ini telah dikenal luas. Bagi orang dewasa, Omega 3 dan Omega 6 amat baik bagi kesehatan jantung. Terjadinya serangan penyakit jantung koroner tak dapat dipisahkan dengan proses Atherosklerosis. Proses ini erat kaitannya dengan makanan sehari-hari. Atherosklerosis merupakan proses tertimbunnya lemak di dalam pembuluh darah yang berjalan lambat dan dapat terjadi sejak usia dini.

Namun, yang paling berbahaya jika tersumbatnya di pembuluh jantung atau otak. “Kondisi ini bisa diilustrasikan seperti selang air yang di dalamnya bisa menumpuk lama, semakin tebal. Hingga mengakibatkan tersumbatnya jalan air,” begitu analogi yang diberikan Dr. Diana. Nah, asam lemak tak jenuh ini dapat membantu menjaga dinding pembuluh darah dari garis lemak yang berisi kolesterol itu. Dr. Diana juga menambahkan bagi penderita Osteoarthritis (radang sendi), asam lemak yang baik hati ini juga bisa berfungsi sebagai antiperadangan, sehingga dapat mengurangi dosis pemakaian obat. “Dosis obat bisa dikurangi setengahnya tapi pasien wajib mengonsumsi makanan kaya Omega.”

 

SARAN SAJI

Olah ikan dengan menumis atau memanggang agar kandungan Omega 3 bisa diserap tubuh. Jangan menggoreng ikan dengan minyak yang banyak karena dapat merusak kandungan lemak baik.

 

Taukah kamu apa Artichoke? June 3, 2008

Filed under: Health — r3gina @ 5:20 pm

Di supermarket ada sejenis sayuran yang disebut artichoke. Bentuknya bulat bertangkai, dengan sisik-sisik besar berbentuk segitiga. Ini memang bukan sayuran asli Indonesia, tapi tidak ada salahnya untuk mengenalnya. Bagian yang bisa dimakan adalah bagian dalam bawah dari sisik dan kuncupnya yang disebut “jantung” artichoke.

Untuk mendapatkan bagian ini, daunnya dicabuti dulu. Potong tungkainya, dengan hanya menyisakan 5-10 mm, dan potong seperempat bagian ini, daunnya dicabuti dulu. Potong tungkainya, dengan hanya menyisakan 5-10 mm, dan potong seperempat bagain dari sisiknya untuk menghilangkan durinya. Kemudian belah menjadi empat. Bisa jadi bahan salad, setelah direbus sampai empuk. Atau ditumis. Di Prancis artichoke populer digoreng dengan deep fried (dalam minyak penuh).

 

Ayo Makan Bayam

Filed under: Health — r3gina @ 4:32 pm
Tags:

Penelitian Tulane University School of Public Health di New Orleans, Amerika Serikat, menyebutkan makan secangkir bayam setiap hari menghindarkan Anda dari serangan jantung.

Bayam mengandung asam folat yang melindungi jantung dari serangan stroke. Asam folat yang terdapat pada setengah cangkir bayam, mampu menahan serangan stroke sebesar 20% dan gangguan pada jantung sebesar 13%. Penelitian ini dilakukan selama 20 tahun terakhir terhadap 9.764 lelaki dan perempuan sehat.