knOwLedge is so Important

tHis is r3gina blog, which discuss about something like knowledge and much more…

Mengetahui manfaat buah dengan warnanya June 2, 2008

Filed under: Health,My Category — r3gina @ 6:25 pm
Tags:

fruits color

Menurut David Heber,MD,Ph.D, penulis What Color is Your Diet?

Jenis sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi menentukan keberhasilan seseorang menjalankan program pengendalian berat badan. Referensi warna di bawah ini dapat membantu memadupadankan makanan. Karena setiap warna memberi manfaat yang berbeda pada tubuh.

1. MERAH

Sayuran dan buah berwarna merah mengandung banyak pigmen pelawan penyakit. Juga diketahui mengandung likopen, zat yang berperan menjaga kesehatan sel dan mampu mengurangi risiko kanker.

Contoh: tomat, strawberry, semangka, apel, cranberry, ceri, anggur merah, bit dan paprika merah.

Yang mengandung oksidan paling tinggi adalah strawberry, cranberry, ceri, anggur merah, bit dan paprika merah.

2. ORANYE

Ubi jalar, jeruk squash, wortel, blewah, labu, persik, mangga, apricot dan pepaya adalah beberapa contoh buah/sayur oranye.

Tiap satu porsi menyumbang banyak beta karoten yang menyehatkan tubuh. Serta alpha karoten yang efektif melawan kanker. Setengah mangkuk buah berwarna oranye dapat memuaskan kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Beberapa program diet menganjurkan menghindari wortel karena kandungan gula alaminya sangat besar. Padahal, menurut buku Color Code: A Revolutionary Eating Plan for Optimum Health karya James A. Joseph, Ph.D, Daniel A. Nadeu, M.D dan Anne Underwood, kandungan serat wortel mencegah gula bergegas masuk ke aliran darah yang akan menyebabkan melonjaknya insulin dalam darah.

3. KUNING

Ragam buah berwarna kuning di antaranya pisang, jeruk nipis, jeruk manis, anggur, kentang kuning dan jagung. Buah dan sayuran kuning diketahui mengandung vitamin C yang cukup baik untuk melindungi sel tubuh. Selain itu juga mengandung potassium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri serta berfungsi sebagai pencahar alami.

4. HIJAU

Warna hijau pada sayuran menandakan hubungan kandungan sulforaphane, isothiocyanate, dan indoles. Menurut Heber dapat merangsang lever membuat komponen yang dapat memecah unsur kimiawi penyebab kanker. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, makin banyak klorofil yang dikandungnya dan semakin besar pula kebutuhan untuk perlindungan anti oksidan.

Contoh sayuran hijau: brokoli, selada, bayam, bok choi dan teh hijau.

Rangkaian penelitian di Swiss menemukan bahwa teh bisa memberi dorongan pada metalisme tubuh. Para peneliti menduga polyphenol dan kafein yang terdapat pada teh bersatu untuk membuka proses pembakaran lemak pada nilai kontrol yang berbeda.

5. COKELAT

Bahan makanan berwarna cokelat di antaranya roti dari biji-bijian, sereal, granola dan kacang-kacangan. Kebiasaan mengonsumsi makanan berbiji tidak hanya mngenyangkan tapi dapat membantu membuang racun penyebab penyakit. Biji-bijian yang kaya akan vitamin B dapat meningkatkan kemampuan tubuh mengubah kalori menjadi energi.

6. PUTIH

Tahu, susu kedelai, bawang putih, keju rendah lemak, yogurt dan susu sangat bagus untuk tubuh. Makanan berwarna putih banyak mengandung flavonoid yang dapat melindungi membran sel. Produk susu rendah lemak juga dapat membantu daya kerja jantung, kalsium untuk membangun tulang, dan tentu saja sangat tepat untuk menurunkan berat badan.

7. BIRU-UNGU

Sayuran dan buah-buahan berwarna biru-ungu adalah terung, kismis dan anggur. Kandungan magnesium pada anggur dan kismis sangat diperlukan untuk pergerakan feses yang baik. Kulit anggur juga merupakan pencahar (laksatif) yang baik. Kandungan airnya cukup tinggi, sehingga dapat menambah cairan yang diperlukan untuk menghilangkan deposit lemak yang mengeras dalam tubuh.

Sedangkan terung dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam empedu dalam usus, dan mengantarnya ke luar dari tubuh. Terung juga mengandung pectin penurun kolesterol dalam jumlah cukup banyak.

PANDUAN SAJIAN

Buah-buahan besar (blewah, nenas, pepaya, dan lain lain): 1 potong

Buah-buahan sedang (apel, jeruk, pisang, dan lain lain): 1 buah

Buah bery (blueberry, strawberry): 1 cangkir

Buah yang dikeringkan (apricot kering, kismis): 1/4 cangkir.

Setengah cangkir sayuran cincang dihitung satu porsi. Usahakan mengonsumsi makanan sembilan porsi setiap hari, jadi tiga porsi setiap santapan, pagi, siang dan malam. Untuk mendapat tiga porsi di pagi hari mulailah dengan segelas susu jeruk, segenggam penuh kismis ke dalam sereal dan makan sepotong melon.

BEBERAPA CATATAN MENGENAI PORSI

  • Satu porsi daging adalah tiga ons atau sebesar satu bungkus kartu.
  • Satu porsi keju keras adalah satu ons atau kira-kira sebesar ibu jari.
  • Satu porsi gandum atau oatmeal adalah satu ons.
  • Satu porsi kentang goreng (french fries) hanya terdiri dari 10 buah kentang goreng.
Advertisements
 

6 Responses to “Mengetahui manfaat buah dengan warnanya”

  1. Buah anggur Says:

    Saya rozig di jatim, ingin mengetahui jenis anggur apa yang ada difoto situs ini? Apa jenis anggur yg ada di indonesia sama manfaat dan kasiatnya?
    Salam..
    Rozig

    • r3gina Says:

      Hai rozig.
      Di blog ini, manfaat buah dengan melihat warnanya tidak hanya untuk di Indonesia. Jadi meluas untuk negara manapun.
      Untuk anggur yang ada di Indonesia misalnya anggur merah(anggur yang sering terdapat di pasar, maupun toko buah).
      Nah, anggur merah ini manfaatnya sesuai warna merah seperti yang saya tuliskan di blog ini.
      Untuk anggur berwarna kebiruan yang manfaatnya diwarna biru-ungu biasanya merupakan anggur import alias tidak berasal dari Indonesia.
      Terima kasih atas kunjungannya.
      Semoga bermanfaat.

  2. benny Says:

    Saya Benny dari Palembang, saya mau tanya buah apasaja yang memiliki kemamuan untuk menurunkan kadar kolesterol.Selain itu apakah buah tsb cukup dimakan bias atau ada pelakuan khusus sehingga fungsinya dalam menurunkan kadar kolesterol dapat lebih maksimal. Terima kasih atas bantuan penjelasannya

    • r3gina Says:

      Dari sepengetahuan saya, tidak hanya buah saja yg bisa menurunkan.

      – Perbanyaklah makanan yang mengandung Fitosterol karena fitosterol akan menghambat penyerapan kolesterol di usus.
      1. Kacang: kacang tanah, kedelai
      2. Lemak tak jenuh: minyak jagung, minyak zaitun, minyak rape, minyak bunga matahari
      3. Buah-buahan: apel, pisang, anggur, melon
      4. Sayuran: brokoli, kembang kol
      5. Biji-bijian dan produk sereal: gandung, beras merah

      – Perbanyak makanan yang mengandung vitamin B3 (Niasin) karena niasin akan menurunkan kolesterol & mencegah gumpalan darah.
      Misalnya: Kulit beras/katul, kulit gandung, kacang tanah, ikan salem, tahu, tempe, ragi

      – Perbanyak makanan yang berserat karena makanan berserat akan menghambat penyerapan kolesterol.
      Misanya: kulit gandum, bubur gandum (havermut), beras merah, kacang-kacangan & polong-polongan, sayur-sayuran, buah-buahan (melon, blewah, timun suri,
      semangka, agar-agar, rumput laut, cincau, labu siam)

      – Perbanyak makanan yang mengandung antioksidan karena antioksidan akan mencegah oksidasi LDL yang akan mengerak di pembuluh darah.
      1. Selenium: bawang putih, tomat, ikan laut, brokoli
      2. Vitamin C: jeruk, jambu biji dll
      3. Vitamin E : Toge/kecambah, kacang-kacangan, susu kedelai, tahu, tempe

      – Perbanyak makanan yang mengandung OMEGA-3 karena OMEGA-3 mencegah penggumpalan darah di pembuluh darah.
      Misalnya: ikan salem, ikan teri, ikan marlin, ikan kakap, ikan tuna, ikan lemeru. Cara masaknya harus direbus, disayur atau dipepes

      – Perbanyak makan jamur karena jamur akan mengurangi pembuatan kolesterol di liver.
      Misalnya jamur merang, jamur tiram dan jamur lainnya yang tidak mengandung racun.

      ditambah, pola makan teratur dan olahraga yang cukup. mudah2an kolesterolnya terkontrol dengan baik.
      semoga membantu.

      Catatan: obat penurun kolesterol golongan statin juga diekstrak dari jamur tertentu.

  3. akbar Says:

    baru tau khasiat buah dan sayur berdasar warna..

  4. putra Says:

    buah dan sayur memank banyak manfaatny bagi tubuh,. tapi perlu kita ketahui bnyak tumbuhan2 liar disekitar yang banyak manfaatny bagi kesehatan kita,. yg mana bnyak orang yang kurang mengetahuiny,., mengapa kamu tidak mencarinya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s